Welcome August

Alhamdulilah sampai di agustus, bulan yang dinanti selama enam bulan ini karena eyza yang akan segera makan *lebay dikit ah hehehe. Masih pada puasakan?? masuk sepuluh hari kedua tambah semangat yaa semoga gak kendor ibadahnya *talk to my self* :p

Dan awal bulan artinya gajian dan THR yipieee!! Ahahha demen banget ya kalau ngomongin duit, saya termasuk yang santai dalam hal pengelolaan uang atau manajemen keuangan keluarga tapi saya juga ditunjuk langsung sama suami memenej keuangan keluarga dan kadang keteteran karena sangkin santainya hehehe *janganlah meniru!! Tapi pengen share sedikit aah mumpung dapet ide ngeblog🙂

Gaji…langsung pada pos-posnya (bayar tagihan *cicilan kendaraan, kartu kredit, listrik, internet, telepon, tv.berlangganan* , ART, bayaran sekolah, belanja mingguan, tabungan/investasi. *megap-megap* yang mesti diatur tapi susah di prediksi belanja untuk harian/mingguan kebutuhan rumah tangga termasuk printilan apalagi kalau tiba-tiba anak sakit ya huhu penting nih alokasi kesehatan dan yang menjadi racun kalau ngelirik onlen shop hahaha. Nah gaji ini kan kudu di atur selama sebulan jadi puter otak supaya masih bisa pegang uang sampai akhir bulan tanpa minta suami lagi masih jadi PR nih buat saya jadi buntutnya kalau keteteran akhir bulan saya suka nodong suami hehehe.

Dari uraian gaji diatas yang biasa saya kelola kita beralih ke THR yaa karena momen ramadan dan lebaran pasti dapet THR dong kalau nggak demo ajah perusahaannya :p

POS THR. Biasanya kalau saya THR itu saya gunakan benar-benar habis!! karena yaa emang buat alokasi hari raya yang setaun sekali juga yaa, kecuali memang punya planning seperti ganti mobil, beli rumah atau jalan-jalan keluar negeri baru deh sisihin THR-nya. Alokasi THR..THR ART, Zakat, kebutuhan lebaran, kasih orang tua, BELANJA ahahhaa teuteepp.

Selepas berapun penghasilan anda atau suami anda komunikasikan detail financial keluarga antara suami istri, ini penting banget dan satu lagi Pencatatan! penting juga nih buat tau kemana aja larinya alokasi yang sudah kita keluarkan. Bisa juga liat di web financial planner yang ada calculator finance-nya seperti punya Ligwina Hananto dan Aidil Akbar. Bisa juga nyatet pengeluaran di Apple apps bagi Apple users namanya Cashculator kalo di laptop.

 

Yak segitu saja bahasan financial keluarga santai saya hehehe yang pasti saya harus banyak belajar jadi pengendali keuangan keluarga🙂

Leave a Reply

