Persiapan MPASI Eyza

Huuff..here we go MPASI (Makanan Pendamping ASI).

Saya tulis ini saat usia eyza 5 bulan kurang satu minggu, sudah mulai kembali mencari informasi dan mempelajari lagi tata laksana makan bayi yang pernah saya alami bersama farrel kurang lebih 5 tahun lalu. Dan saat ini bayi-bayi di keluarga saya sudah ada yang makan yaitu anin keponakan saya yang memang 3 bulan diatas eyza, dan anye yang bulan lalu juga sudah mulai makan. Berikutnya giliran eyza akan makan dan mudah-mudahan akan berjalan lancar dan menyenangkan, mengingat masa makan adalah masa dimana kadang drama terjadi hehehe.

Kita bahas yang seneng-seneng dulu aja yah, perlengkapan perang mpasi😀

Wajib dipunya :

  • Blender/hand blender/food processor, bisa pilih salah satu tergantung fungsi dan keperluan, kebetulan blender dapet pinjeman dari mertua.
  • Kukusan, panci kukusan lebih baik yang kecil saja punya saya tupperware steam it.
  • Saringan kawat, saya beli yang termasuk paket di baby food maker pigeon.
  • Talenan dan pisau baru.
  • Panci kecil tutup kaca, beli di Giant.
  • Slow cooker, untuk membuat bubur, memasak nasi tim, dan melunakan sayuran saya belum beli karena masih mikir-mikir toh saya gak kerja dan biasa masak pakai panci aja tapi kalau travelling kayanya perlu juga.
  • Baby food maker, yang saya beli merk pigeon udah ada saringan, perasan jeruk dan alat tumbuk lengkap dan berguna.
  • Feeding set, saya juga beli yang pigeon.
  • Tempat makan stainless steel, ini peninggalan dari tante saya yang dipakai dari jaman anak kembarnya terus ke farrel, lebih senang pake stainless deh karena awet, bisa buat kukus, microwave dan sebagai piring/mangkuk makan.
  • Sendok makan, kalau bisa yang ada indikasi panasnya.
  • Tempat menyimpan makanan, bisa lock & lock, tupperware atau stainless steel. Untuk travelling kebetulan saya pilih yang insulated/menghangatkan stainless steel merk Chicco tahan sampai 5 jam.
  • Termos air panas, untuk minum dan mungkin makanan pabrikan jika travelling.
  • Highchair/kursi makan graco, udah beli dari jaman hamil dan sekarang lagi naksir travel booster chair mothercare praktis bisa dilipat untuk travelling.
  • Bib/alas leher plastik.
  • Sterillizer, karena udah makan jadi alat-alat makan harus bersih dan steril selain botol susu. Saya beli Panasonic sterillized besar dan muat banyak.
  • Travelling feeding set, saya dikasih si mama tupperware baby meal set yang lucu.
Disamping yang wajib bisa juga beli alat makan yang lucu-lucu biar anak semangat makan karena warna dan gambarnya menarik mata bayi, tapi gak menarik buat yang bayar hahaha. Contohnya:
  • Botol sendok, Boon squirt.
  • Alat makan BPA Free, Skip hop.
  • Training cup, Tommie Tippie dan Doidy cup.
  • Mesh feeder, Sassy.
  • Lunch bag Skip hop.
Berikutnya Tahapan jenis makanan MPASI.
– Mpasi 6 bulan dimulai dengan :
  • Serealia : Aneka beras (merah, putih, hitam) kalau bisa organik, havermut dicampur Asi/susu formula.
  • Sayuran dan umbi-umbian : Wortel, bayam, brokoli, ubi merah, ubi kuning, kentang, labu parang, labu kuning, kabocha, zuchinni.
  • Buah : Pisang ( ambon, raja bulu, raja sereh), pear, apel, alpukat, pepaya california, melon, semangka, jeruk baby, jambu biji merah, belimbing manis. Untuk pear dan apel harus dikukus saat usia 6-7 bulan dan bertahap makan langsung saat 8 bulan.
  • Biji-bijian : Kacang hijau
  • Protein : Tahu, tempe, daging merah, ikan salmon, tuna, dan jenis ikan lainnya.
  • Bumbu alami (minimalisir gula dan garam).
– Mpasi 7 bulan.
  • Serealia : Aneka beras (merah, putih, hitam), oatmeal.
  • Sayuran : Kentang, timun, kacang polong (pilih yang frezze bukan yang kalengan).
  • Buah: Timun suri, blewah.
  • Protein : Tahu, tempe, ayam, ati ayam, daging merah.
  • Bumbu alami.
– Mpasi 8 bulan.
  • Serealia : Aneka beras (merah, putih, hitam) struktur mulai padat, gandum, cracker, roti tawar, roti gandum, teething biscuit, pasta/mie tanpa telur.
  • Sayuran: Bit, lobak, wortel, sawi hijau, bayam, brokoli, kembang kol, asparagus, kacang kedelai, labu siam, buncis, seledri.
  • Buah: Mangga, peach, aprikot.
  • Protein: Daging sapi, ayam, kuning telur, salmon, tuna, tenggiri dan jenis ikan lainnya.
  • Produk susu : Keju cheddar, yoghurt (plain).
  • Bumbu alami.
– Mpasi 9 bulan.
  • Beras dengan struktur padat dan dapat dikunyah.
  • Sayuran : Kangkung, ubi jalar, bokcoy.
  • Protein : Ikan patin, hati sapi.
  • Biji-bijian : Kacang merah.
– Mpasi 10 – 11 bulan.
  • Semua jenis beras, pasta non telur, roti tawar, bihun, tepung hunkue, makaroni.
  • Sayuran: Kacang panjang, kacang capria, tomat, toge, jamur (shitake dan merang).
  • Buah: Nanas, kiwi, melon, jeruk kismis.
  • Protein: Kuning telur.
  • Biji-bijian: Kacang kedelai.
– Mpasi 12 – 24 bulan.
  • Semua jenis beras.
  • Sayuran: Jagung, seledri, daun selada, bawang bombay, sayur lalapan.
  • Buah: Sitrus, lemon, jeruk bali, jeruk limo, strawberry, raspberry, blueberry, kurma, cherry, anggur dan jenis buah tanpa masak.
  • Protein: Daging, ikan, telur utuh.
  • Produk susu : susu sapi segar, UHT, yoghurt plain, ice cream.
  • Madu, selai kacang dan rempah-rempah serta jenis makanan lain yang sama dengan makanan keluarga dan menggunakan alat makan sendiri.
Nah, sekarang bahas seriusnya *halah*

Sesuai dengan anjuran WHO usia bayi 0-6 bulan bayi hanya diberikan ASI Eksklusif, arti eksklusif disini bayi usia 0-6 bulan tersebut hanya mendapatkan atau diberikan ASI saja tanpa makanan pendamping atau mendapatkan susu pengganti formula kecuali ada indikasi medis dan berat badan bayi memang kurang. Setelah ASI maka selanjutnya usia 6 bulan bayi diberikan MPASI sebagai pendamping ASI hingga usia 2 tahun.

Selama masa MPASI bayi belajar makan secara bertahap jenis dan tekstur makanan, Untuk jenis makanan yang dimakan pertama kali para ortu bisa memilih sesuai keyakinan masing-masing disamping tahapan yang saya jabarkan diatas. Untuk tahapan awal 6 bulan saya memilih daging merah untuk protein yang terkadang banyak orang mengabaikan karena dianggap belum bisa dicerna dengan baik. Tapi karena saya tau dari orang tua dulu dan saran dokter anak saya kalau setelah enam bulan untuk bayi-bayi dengan ASIX (Asi Eksklusif) rentan terjadi defisiensi zat besi/deplesi/anemia yang berpengaruh kepada perkembangan bayi, bahkan hampir 40 persen bayi-bayi indonesia mengalami gizi buruk setelah menyusui karena kurang mampu memberikan makanan daging ke bayi mereka.:'(

Karena hal itu saya memasukan daging merah di awal tahapan mpasi setelah masa transisi 2 (dua minggu) pertama serealia only!! dan selama dua minggu pertama harus diperkenalkan dua sampai tiga hari untuk satu jenis serelia/buah untuk melihat adanya komplikasi alergen pada bayi. setelah dua minggu saya akan memberikan tahapan jenis makanan termasuk daging merah bertahap dan halus (blender/saring).

Yang menjadi concern saya kemudian adalah pembahasan tentang makanan pabrikan atau instan yang juga pro dan kontra di kalangan ibu. Waktu jaman farrel selain saya masak sendiri saya juga memberikan makanan pabrikan atau instan ini. Menurut paparan dokter ada kandungan gizi yang hilang saat pembuatan makanan rumahan yang tidak bisa didapat dari makanan rumah tersebut sehingga harus di cover oleh makanan pabrikan yang memang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi. Makanan pabrikan juga dibuat khusus dan di klaim tanpa pengawet karena pabrik pembuat makanan tersebut harus terdaftar resmi oleh pemerintah dan diawasi sehingga jika melanggar akan ditutup. Kalau saya pribadi saya tetap akan memberikan makanan pabrikan kepada eyza agar dia nantinya gak cranky dan picky eater meski ternyata gak berhubungan dengan dalil makanan pabrikan ini.

Mohon maaf  belum bisa memberikan link narasumber tentang pembahasan mpasi yang say atulis diatas ya, saya hanya membaca dan tidak saya jadikan catatan kaki karena lupa *bodohnyaah* hehehehe. Semoga bermanfaat dan menjadi bahan pertimbangan ibu-ibu dalam memberikan makanan awal untuk anak-anak ya oia jangan ditelen mentah-mentah tulisan saya banyak baca, bertanya dan konsul ke dokter anak juga🙂

One thought on “Persiapan MPASI Eyza

  1. hai bunda, salam kenal , aku desi, bentar lagi akan mulai mpasi untuk baby daffa ku yang skrg 5bulan, rasanya mau mpasi ko kaya mau kontraksi ya hahahaha..eh iya yang aku mau tanyakan, itu waktu 2minggu pertama kan kasih havermut..havermutnya yang oatmeals biasa dijual2 (yg warna biru or merah itu loh) atau ada havermut lain? cara ngolahnya gmn bun? makasih ya sebelumnya.

Leave a Reply

