Akekah Faeyza

Apdet blog segambreng dalam semalem, semoga dapet ilham :-p

Kali ini cerita tetang syukuran akekah baby eyza, acaranya seminggu setelah eyza lahir tanggal 25 febuari 2012. Kali ini diadain sekalian syukuran mama mertua karena dapat tiga cucu sekaligus dalam empat bulan, yak saya dan ipar-ipar hamil berdekatan seperti yang saya posting sebelumnya.

Acara kekahan berlangsung hari minggu dan kejadian sebelum hari -H adalah jadwal kontrol eyza yang pertama setelah pulang dari rumah sakit, saya dan suami juga farrel mengantar eyza ketemu dr. aryana yang cantik dan langsung dibilang kalau eyza kuning karena memang hari itu eyza terlihat sangat kuning jadilah dokter meminta kami untuk cek bilirubin di lab. Berhubung masih hari-hari bayi baru lahir jadi masih ada beberapa tamu yang datang kerumah, kali itu teman suami yang datang kerumah sementara kami harus menjalani proses mengambil darah pertama buat eyza yang bikin dia teriak-teriak nangis kesakitan hikss😦

Setelah mengambil darah karena menunggu hasil lab satu jam kemudian, kami memutuskan untuk pulang kerumah menemui tamu suami sambil menunggu untuk menelepon rumah sakit. Kemuadian satu jam berikutnya saya menelepon bagian lab rumah sakit untuk menanyakan hasil lab eyza, begitu dikasih tau bahwa hasil lab bilirubin eyza 17 saya pun jadi panik dan mengajak suami untuk segera kerumah sakit. Sebelumnya suster dari dr. aryana menelepon untuk memberitahu hasil lab yang saya sudah tau dan menyarankan saya kembali kesana, setelah di rumah sakit karena sudah lewat jam praktek dr. aryana jadi saya tidak sempat bertemu, hanya suster yang menelepon saya untuk mengurus keperluan eyza yang harus di sinar di perina.

Saat di ruang perina eyza sudah menangis terus, saya diminta untuk menyusui hanya karena saat itu ASI saya belum terlalu banyak jadi eyza selalu menangis sampai dipakaikan penutup mata pelindung sinarnya ia selalu menarik-narik menunjukan tidak nyaman, kejadian berulang dua kali dan eyza selalu menangis sehingga saya tidak tega dan keluar memberitahu suami apakah bisa dirawat dirumah dengan menjemurnya dan berharap ASI segera lancar. Suamipun mengiyakan keinginan saya dan berbicara ke suster jaga diruang perina tentang keinginan kami untuk pulang, tak lama kemudian suster menelepon dr. aryana dan saya melihat bahwa dokter membolehkan kami pulang meski suster terlihat ragu melihat bilirubin yang tinggi di eyza. Singkat cerita kamipun di bolehkan pulang dengan pesan agar eyza sering dijemur dan diberikan cairan lebih sering, hati sayapun lega karena eyza gak jadi nginep di perina hari itu.

Besoknya hari akekah terlaksana dengan lancar, alhamdulillah banyak doa dari saudara dan teman untuk kami. Banyak makanan yang terutama gulai kambing, ikan bakar colo-colo khas bikinan mama, dan kue-kue. Senengin hati supaya ASI lancar jadi saya makan semua yang ada, eyza yang sakit banyak tidur hari itu tapi dia enjoy aja dan sesekali menangis.🙂

2 thoughts on “Akekah Faeyza

    • Malam bunda rizka, makasih udah berkunjung di blog. Maaf gak jelasin lebih detail kelanjutan kuningnya si bayi krn rencana posting tentang asi yg berhububgan sm bilirubin bayi. Intinya kuningnya berangsur-angsur hilang dalam waktu 3minggu sampai 1bulan benar² sembuh dan hilang. Untuk bunda sendiri sebaiknya baby-nya di beri asupan cukup dgn menyusui langsung sesering mungkin kalaupun asi belum lancar menyusui langsung bisa merangsang agar keluar banyak, susui setiap 2jam sekali jika tidur sebaiknya bayi dibangunkan. Kedua dijemur matahari setiap pagi antara 15-30 menit. Ketiga tidur malam sebaiknya. Lampu jgn dimatikan dan ac tidak terlalu dingin antara 26-27 drjt celcius. Semoga bermanfaat ya mba dan si bayi lekas sembuh🙂

Leave a Reply

