Kelas laktasi

Setelah dua minggu mendaftar akhirnya baru minggu lalu kesampaian untuk ikut kelas laktasi di RS.Permata Cibubur Womens Wing karena konselor laktasinya sibuk juga. Kenapa ambil kelas laktasi di permata cibubur, karena ditempat biasa saya periksa mitra keluarga cibubur belum ada kelas laktasinya jadi saya disarankan ke permata cibubur yang memang rumah sakit khusus ibu & anak. Untuk anak kedua ini saya inshaallah berniat penuh asi eksklusif (ASIX) jadi sayapun mulai belajar-belajar lagi dan mencari informasi sebanyak mungkin disamping mempersiapkan keyakinan saya bisa ASIX.

Hari itu saya ditelp. jam 9 pagi untuk janjian ketemu konselor laktasinya bidan paulina jam 3 sore di gedung Womens Wing, saya pergi dari rumah jam 2 siang karena bareng ikutan nebeng sama mertua sampai rumah sakit, setelah sampai saya bertanya ke pihak administrasi rs. permata cibubur gedung lama kemudian saya diarahkan kegedung baru sebelahnya untuk pendaftaran disana. Sampai di gedung womens wing saya mendaftar ke admin dan bagian perawat untuk bertemu dengan bidan paulina. Ternyata di antara perawat yang sedang berkumpul ada bidan paulina yang sedang menelpon dan saya disuruh menunggu sambil memberikan berkas dari pihak admin.

Setelah menunggu sepuluh menit bidan paulina segera memanggil saya dan kamipun masuk keruangan kelas laktasi berada, masuk keruangan dipersilahkan duduk dan dimulailah bimbingan laktasi privat ini. Kenapa saya bilang privat, karena enak kita bisa tanya apa aja bebas, dapat penjelasan lebih banyak, dijelaskan sampai mengerti tentang imd, pelekatan posisi menyusui, organ payudara, bagian mana yang menghasilkan ASI, posisi salah dan benar menyusui, dorongan positif keluarga, manajemen stress agar ASI lancar dan teknik memijat payudara untuk merangsang ASI.

Di kelas laktasi ini sebenarnya saya disarankan menemui konselor laktasi minimal berdua dengan suami atau anggota keluarga lain yang dapat membantu saya mempraktekan teknik-teknik yang diajarkan dirumah, tapi saya pergi sendiri karena saat itu hari kerja dan saya tidak diberitahu pihak rumah sakit untuk bersama pendamping jadi yaa saya pergi sendiri hehehe. Saya dibolehkan kembali menemui bidan paulina jika sudah melahirkan dan ada masalah saat pemberian ASIX, jika tidak ada dan berjalan lancar tidak perlu lagi.

Saya sebenarnya sudah sempat baca-baca mengenai teknik-teknik ASI, IMD dan beberapa artikel mengenai ASI baik di microblogging ataupun website, dan pengalaman anak pertama saya farrel saya menyusui sampai 1 1/2 tahun, hanya saja waktu farrel saya tidak ASIX selama 6 bulan saya sudah memberikan campuran sufor+asi di usia 4 bulan karena belum terlalu mengerti saat itu tentang ASIX.

Jadi kesimpulan saya ikut kelas laktasi itu banyak manfaatnya juga disamping saya yang pernah gagal ASIX dianak pertama meski menyusui sampai satu setengah tahun, saya yakin pasti tiap anak berbeda dan kita pasti belajar menyesuaikan ritme bayi untuk kelancaran asi dan manajemen stress yang baik agar ASIX berjalan lancar.

Konselor laktasi ternyata juga bisa dipanggil kerumah atau kita yang mendatangi konselor di rumah sakit rujukan atau rumah sakit ibu & anak untuk berkonsultasi langsung. Tapi memang dikenakan biaya yang relatif untuk setiap pertemuan, atau kalau mau bebas biaya bisa mengikuti milis asi atau bisa mengikuti microblogging di twitter account @aimi_asi , @ID_AyahAsi, @miasutanto, @dr.tiwi dan beberapa pakar laktasi lain yang bisa ditanya-tanya gratis kecuali yang harus berhubungan dengan konselor langsung.

Biaya untuk kelas laktasi di RS. Permata Cibubur Womens Wing sebesar Rp. 70.000 dengan pertemuan 2 jam, kalau belum melahirkan seperti saya bidan belum berani untuk memijat langsung atau mempraktekan langsung pemijatan yang dilakukan untuk merangsang asi disamping harus memberikan langsung ke bayi dengan skin to skin dan pelekatan yang baik. Jadi saya hanya diberitahu cara memijatnya dan berapa banyak pijatan dilakukan.

Beberapa materi yang diajarkan :

  • Organ payudara, tempat dimana gudang asi yang berada diatas sekitar areola (daerah hitam payudara) karena jika sudah didekat dada hanya terdapat lemak payudara.
  • Jaringan payudara yang membentuk asi berada disekitar aerola ada prolaktin yang memproduksi asi dan juga kolostrum awal. Di prolaktin ada hormon estrogen dan progesteron yang mengalirkan ke otak dan kembali ke payudaya untuk mengeluarkan asi dari puting atau yang di sebut oksitosin.
  • inisiasi menyusui dini (IMD) dilakukan sesaat setelah melahirkan dengan proses meletakkan bayi baru lahir di dada ibu dan si bayi akan refleks mencari sendiri puting ibu untuk menyusui tanpa bayi dibersihkan. manfaat imd membuat bayi & ibu merasa tenang pasca melahirkan yang kadang traumatik, menghangatkan bayi, bayi mendapat bakteri baik dari ibu, dan bayi imd akan pintar menyusui beberapa jam kehidupannya kelak. IMD dilakukan paling sebentar setengah jam dan paling lama dua jam.
  • Pelekatan bayi saat menyusui, dagu menempel pada payudara mulut bayi terbuka lebar dan payudara masuk sampai kearea areola dan bukan diputing, jika areola terlalu besar cukupkan sampai sebagian masuk kemulut bayi.
  • Skin to skin, lekatkan perut dan bagian dada bayi di dada ibu dan biarkan bayi menyentuh ibu. skin to skin ini juga membahas mengenai posisi menyusui dengan posisi duduk seperti diatas atau mendekap, posisi football hold dengan 1-2 bayi jika kembar, posisi beralih dari payudara kanan ke yang kiri dan posisi berbaring/ tiduran jangan letakkan bayi ditangan kita tapi tangan kita berada diatas bayi.
Posisi menyusui

Posisi menyusui

  • Lakukan pemijatan di daerah kedua payudara dari tengah bawah ke atas dengan kedua tangan melingkar dan kembali ketengah selama 30x, pijat payudara kanan-kiri satu persatu membentuk lingkaran ke arah luar dan kedalam sebayak 30x menggunakan 2-3 jari.

Saya gak sempat foto-foto waktu kegiatan berlangsung karena fokus merhatiin jadi foto-foto hanya saat nunggu dipanggil bidan aja, semoga bermanfaat yaa dan doakan semoga saya bisa IMD dan menyusui ASIX nanti *aminnn🙂

Ruang tunggu RS. Permata Cibubur Womens Wing

Ruang tunggu RS. Permata Cibubur Womens Wing

Si bidan paulina yang lagi nelpon

Si bidan paulina yang lagi nelpon

One thought on “Kelas laktasi

Leave a Reply

