Tentang si carseat

Masih berhubungan dengan Review stroller!! kali ini ngebahas carseatnya ya..

Carseat sendiri memang sangat perlu untuk keamanan bayi atau anak kita saat berkendaraan dengan mobil selain itu menurut saya dapat melatih kemandirian anak sehingga dia tau kalau saat berkendaraan harus menggunakan carseat untuk keamanannya sendiri. Carseat saya sendiri merupakan bagian dari stroller yang saya beli karena jenis stroller travel system, untuk kegunaannya di stroller juga sangat mudah hanya tinggal dipasang dan di kaitkan pada stroller seperti yang saya bahas di posting review stroller.

Jenis – jenis carseat :

1. Carseat bayi (infant carseat)

  • Merupakan jenis carseat/kursi mobil yang dipakai untuk anak/bayi usia 0 – 12 bulan, model carseatnya seperti keranjang dan dapat menyangga punggung bayi agar tidak terlalu tegak seperti kursi mobil sewajarnya.
  • Peran infant carseat ini sangat penting saat menyetir sendiri atau tanpa rekan untuk memegang bayi kita, selain itu mengajarkan anak untuk merasa aman di kendaraan selain itu dapat digunakan sebagai kursi santai untuk bayi dan dapat digoyang yang akan membuat bayi kita tertidur karena merasa seperti di ayun-ayun.

2. Carseat untuk toddler (Convertible & booster)

  • Carseat convertible, carseat jenis ini digunakan untuk anak usia o bulan sampai sampai 20kg atau sekitar 2 tahun. Carseat ini dapat di bolak-balik untuk bayi newborn dapat menghadap belakang bangku supir dan saat usia 1 tahun dapat menghadap depan.
  • Booster, carseat ini digunakan untuk usia todler sekitar 3 tahun dimana anak masih terlalu kecil atau bahkan belum bisa menggunakan tali seatbelt sehingga carseat jenis penyangga ini dengan bagian atas yang agak tinggi yang membuat anak merasa sama tinggi di kendaraan dengan penumpang lainnya juga lebih nyaman.

Untuk carseat yang paling enak memang jenis convertible karena waktu pemakaiannya akan lama tidak seperti infant carseat hanya bisa untuk usia 1 tahun, biasanya harga carseat jenis infant harganya bervariasi sekitar 350ribu – 1,5 juta dan untuk jenis convertible di bandrol sekitar 3 jutaan. Sedangkan untuk toddler pemakaian paling lama sekitar 1 tahun juga dimana anak usia 4 – 5 tahun dibandrol dengan harga 650 – 950 ribu. Namun terkadang seorang anak suka tidak mau duduk dengan tenang di carseatnya mereka merasa lebih berinteraksi dengan seisi mobil saat duduk di kursi penumpang mobil yang sebenarnya.

Namun ada baiknya melatih anak – anak sedini mungkin untuk mengenalkan keamanan saat berkendaraan sehingga saat usia toddler mereka sudah memahami dan mengerti tentang car safety. Semoga bermanfaat dalam mencari jenis carseat yang diinginkan ya moms🙂

Berikut beberapa gambar jenis – jenis carseat tersebut :

Infant carseat

Infant carseat

convertible carseat

convertible carseat

booster carseat

booster carseat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s