Tri-semester 3

30 weeks..8-10 week to go!!
Yaap 8-10 minggu kedepan due date perkiraan dokter 27 febuari 2012, tapi bisa juga mundur dari perkiraan dan mamah will be meet u bebibalabala🙂
Semester ketiga di kehamilan kedua rasanya memang lebih berat, selain fisik yang suka sakit seperti nyeri di pinggang dan punggung akibat berat badan dan janin bertambah sakit flu dan terakhir kemarin saya “b-a-b” seharian karena salah makan atau juga masuk angin.
Nyeri punggung dan pinggang belakangan terobati oleh yoga yang saya praktekan sendiri dirumah, kalau flu dan sebagainya hanya harus istirahat dan makan buah sayur lebih banyak.
Disemester ketiga ini juga saya mulai dengan screening darah di rumah sakit pada minggu 27 kemarin. Malam sebelum screening saya dianjurkan puasa 10-12 jam untuk pengambilan darah puasa, setelah itu makan dan puasa kembali 2 jam untuk mengecek gula darah setelah makan. Hasil screening sendiri alhamdulillah tidak ada masalah, walaupun leukosit saya tinggi yang saya pikir pertama kali ada infeksi ditubuh saya namun dr.novi mengatakan meskipun hasil screening leukosit 11,800 /ul termasuk tinggi namun untuk ibu hamil menjadi pengecualian sehingga dianggap tinggi bila mencapai 18,000 /ul. HB saya normal di angka 12.3 g/dL, dan meskipun MCV 79 (82-92 fl), MCH 26 (27-31pg), Glukosa darah puasa 75 mg/dl (dianggap baik: 80-100) dan HBsAg (hepatitis) Negatif semua dianggap masih normal untuk ibu hamil, karena hasil screening berpatokan pada orang normal tidak hamil.
Hasil usg juga menunjukan posisi kepala janin yang sudah turun, kondisi jantung normal, berat badan janin sudah mencapai 1350 gram. Yang bermasalah hanya berat badan saya yang naik sampai tiga kilogram sebulan terakhir ha-ha-ha dr.novi sampai bilang “jangan makan banyak – banyak buuu!!” tapi yaa mau gimana ya saya merasakan trisemester tiga ini saya gak bisa mengontrol nafsu makan, sangat ingin makanan manis dan es etapi ya sudahlah gak mau dipikirin nanti setelah melahirkan baru dipikirin lagi🙂
Jadwal kontrol pun sudah mulai dua minggu sekali, dengan asupan vitamin yang diberikan kesaya juga untuk dua minggu yaitu Emineton dan osfit DHA.
Tinggal menjalani sisa-sisa minggu menunggu kehadiran bayi kedua yang tak akan terulang nih, deg-degan wajarlah yaah berpasrah diri pada Allah dan alam saja semoga persalinan berjalan lancar.
Happy pregnancy all moms🙂


Makan setelah ambil darah pertama, gak nendang rasanya :P

Makan setelah ambil darah pertama, gak nendang rasanya😛



Hasil Screening yang harus diberikan ke dr.novi

Hasil Screening yang harus diberikan ke dr.novi


Hasil screening hepatitis

Hasil screening hepatitis

Leave a Reply

