Radang tenggorokkan pada anak..part II

Yang ini bahasan tentang resisten atau tubuh yang melawan pada sistem kekebalan tubuh seseorang.
Hal ini disebabkan penggunaan antibiotik yang berlebih pada tubuh kita. Berhubungan dengan radang tenggorokan pada anak, dulu waktu setiap farrel sakit dia pasti langsung dilarikan ke rumah sakit dengan penanganan dokter anak spesialis yang selalu memberikan resep antibiotik untuk dia.
Awalnya seneng dan percaya kalau antibiotik itu ampuh banget buat obat penyembuhan radang tenggorokan, karena setelah 2 hari minum antibiotik biasanya akan sangat terlihat perkembangan kesehatan anak. Tapi setelah tahu kalau efeknya tidak baik dikemudian hari jadi menyadarkan aku. Padahal udah sempet banyak lho penggunaan farrel terhadap antibiotik.

Tubuh akan melawan dengan sistem kekebalan tubuh

Penggunaan antibiotik yang berlebihan malahan merugikan. Sebab, membuat anak menjadi resisten. Antibiotik menjadi tidak mempan melawan infeksi.

Pada kasus radang tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri tersering adalah bakteri Streptokokus. Gejala infeksi bakteri ini adalah tenggorokan yang berwarna merah daging dan tonsil yang mengeluarkan cairan. Pada kasus radang tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri, antibiotik memang diperlukan.

Jika anak gelisah, rewel, sulit tidur, lemah, lesu karena radang tenggorokan, dapat dibantu dengan meredakan gejalanya. Tak selalu dengan obat. Mungkin dengan tindakan yang mudah dan sederhana dapat membantu menenangkan anak.

Seperti misalnya nyeri menelan diberikan tindakan banyak minum air hangat, obat kumur, lozenges, dan parasetamol untuk meredakan nyeri. Untuk demam, tindakannya banyak minum, parasetamol, kompres hangat atau seka tubuh dengan air hangat. Jika anak mengalami hidung tersumbat dan berair, diberikan tindakan banyak minum air hangat, anak diuap dengan baskom air hangat, dan diberikan obat tetes hidung.

Tidak perlu terlalu dicemaskan jika anak tidak sembuh dalam satu atau dua hari. Beberapa kasus radang tenggorokan akibat virus akan sembuh setelah dua minggu. Bawa anak ke dokter bila gejala terlihat semakin berat.

Itu informasi dari salah satu blog yang aku kunjungi mudah-mudah bikin kita para ibu jadi lebih wise dan pintar dalam menangani sakit anak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s