Review biaya persalinan

Moms udah ada yang survei rumah sakit untuk bersalin nanti?? Yang penting dipersiapkan tentang dimana kita melahirkan adalah biaya/budget, kesediaan persalinan yang diinginkan (IMD, rooming-in), kenyaman dan kebersihan juga penting buat saya adalah dekat dari rumah. Yang terdekat dari tempat tinggal saya ada tiga pilihan rumah sakit, pertama RS. Meilia Cibubur, RS. Permata Cibubur dan RS. Mitra Keluarga Cibubur.

Sampai saat ini saya hanya bergulat di dua rumah sakit semenjak hamil anak pertama saya pernah di RS. Permata Cibubur untuk kontrol meski melahirkan tidak disana karena saya beralih ke dekat orang tua, dan sampai sekarang anak pertama saya selalu berobat di permata cibubur. Untuk RS. Meilia hanya sekali berobat dan tidak rawat inap waktu saya sakit tyfus. Yang terbaru karena rumah sakitnya masih baru buka juga yaitu RS. Mitra Keluarga Cibubur jadilah saya beralih ke mitra untuk kehamilan kedua ini karena alasan saat itu rumah sakitnya masih sepi jadi gak ngantri dan terakhir mereka menyediakan layanan melahirkan waterbirth.

Kali ini saya mau membahas tentang biaya rumah sakit saat persalinan saya yang sebentar lagi atau beberapa minggu kedepan, saya hanya hunting di dua rumah sakit permata cibubur dan mitra keluarga cibubur. Direview satu – satu yaaa :)

1. RS. Permata Cibubur

Rumah sakit ini pertama yang ada di kawasan cibubur, awalnya merupakan rumah sakit ibu dan anak namun sekarang berkembang menjadi rumah sakit umum yang diperuntukan bagi wanita yang dikenal dengan women’s wing. Kelebihan dari rumah sakit ini pro IMD dan tersedia konselor laktasi yang siap datang kekamar kita jika kita memintanya untuk proses pengenalan menyusui.

Alamat :

RS. Permata Cibubur

Jl. Alternatif Cibubur – Cileungsi No.6A, Telp. (021) 845 8806, Fax. (021) 845 94263, email. rs@permatacibubur.com

Adapun fasilitas rawat inap di rumah sakit ini terdiri dari beberapa kelas :

  • Berlian (VVIP Suite)

Fasilitas :

  • 1 tempat tidur
  • 1 lemari sudut
  • 1 toilet + shower
  • 1 sofa + coffee table
  • 2 kursi + meja makan
  • credensa
  • partisi
  • 1 telivisi + indovision
  • 1 kulkas bar
  • AC
  • 1 majalah/koran
  • compliment minuman

Harga untuk ruangan ini berkisar di IDR 16.500.000 – 18.000.000 untuk persalinan normal, harga 16 juta-an hanya berlaku untuk tindakan dan ruangan saja jadi range 18 juta itu udah maksimal dengan obat dan lab jika di perlukan. Sayangnya saya hanya menanyakan harga untuk persalinan normal karena memang saya berniat melahirkan normal jadi maaf yaa gak bisa kasih info untuk biaya partus sectio-nya, lebih jelasnya bisa telepon atau datang langsung yaa :)

  • Topaz (VIP Utama)

Fasilitas :

  • 1 tempat tidur
  • lemari sudut
  • ruangan lebih luas dari VIP
  • 1 toilet + shower
  • 1 sofa + coffee table
  • credensa
  • partisi
  • 1 telivisi + indovision
  • 1 kulkas bar
  • AC
  • 1 majalah/koran
  • compliment minuman

Harga untuk ruangan topaz ini IDR 14.500.000 – 16.000.000.

  • Safir (VIP)

Fasilitas :

  • 1 tempat tidur
  • lemari sudut
  • 1 toilet + shower
  • 1 sofa + meja
  • 2 kursi
  • credensa
  • partisi
  • 1 televisi + indovision
  • 1 kulkas bar
  • AC
  • 1 majalah/koran
  • compliment minuman

Harga untuk ruangan Safir ini 12.500.000 – 13.500.000.

Maaf juga saya gak menginformasikan kelas lain karena saat saya menanyakan saya sedang ada kelas laktasi di sana jadi saya belum sempat tanya kisaran harga untuk kelas lainnya.

2. RS. Mitra Keluarga Cibubur

Rumah sakit ini terbilang baru di kawasan cibubur karena baru mulai beroperasi maret 2011 tahun lalu belum setahun yaa, tapi karena sudah dikenal dengan Mitra Keluarga Group jadi saya memutuskan untuk kerumah sakit ini yang kebetulan juga ada dokter obgyn perempuan, di rumah sakit ini juga pro IMD hanya tidak ada konselor laktasi, mereka hanya mengajarkan cara menyusui saat perawatan bayi dikamar atau ruang bayi oleh bidan.

Alamat :

RS. Mitra Keluarga Cibubur

Jl. Alternatif Transyogi Cibubur, Telp. +62 – 21 84311771, 84311777, Fax. + 62 – 21 84311661, email. cibubur@mitrakeluarga.com

Adapun fasilitas rawat inap di rumah sakit ini terdiri dari beberapa kelas :

  • Super VIP

Fasilitas :

  • 1 tempat tidur ( electric – remote control)
  • 1 tempat tidur penunggu
  • TV
  • DVD
  • AC
  • Lemari es
  • Telp
  • 1 set sofa dan sofa bed
  • Lemari besar
  • Nakas dan meja
  • Meja makan
  • Kamar mandi (air panas dan dingin)
  • Fasilitas lain, paket buah dan minuman dan makan untuk penunggu 1 orang

Harga di kelas super vip ini untuk normal 2 hari IDR. 14. 000.000, sectio 3 hari IDR. 30.000.000, water birth 2 hari IDR. 14.500.000. Harga ini taksiran keseluruhan dengan biaya kamar, tindakan dan obat-obatan.

  • Kelas VIP

Fasilitas :

  • 1 tempat tidur ( electric – remote control) kecuali VIP anak
  • TV
  • AC
  • Lemari es
  • Telepon
  • Sofa bed
  • 1 kursi tamu
  • Lemari besar
  • Nakas & meja
  • Kamar mandi (air panas & dingin)

Harga untuk ruangan VIP ini Normal 2 hari IDR. 12.000.000, Sectio 3 hari IDR. 25.500.000, Water birth 2 hari IDR. 12.500.000.

  • Kelas 1

Fasilitas :

  • 2 tempat tidur
  • TV
  • AC
  • Telepon
  • kamar mandi (air panas dan air dingin)
  • Nakas dan meja
  • Khusus untuk ruang rawat anak : tempat tidur untuk penunggu

Harga untuk ruangan kelas 1 Normal 2 hari IDR. 9.500.000, Sectio 3 hari IDR. 20.500.000, Water birth 2 hari IDR. 10.000.000.

  • Kelas 2

Fasilitas :

  • 3 tempat tidur
  • TV
  • AC
  • Kamar mandi ( air panas dan dingin)
  • Nakas dan meja
  • Khusus untuk ruang rawat anak : tempat tidur untuk penunggu

Harga untuk ruangan kelas 2 ini Normal 2 hari IDR. 7.500.000, Sectio 3 hari IDR. 17.500.000, Water birth 2 hari IDR. 8.500.000.

Semoga bermanfaat dan jadi bahan acuan ibu-ibu yang mau bersalin di daerah cibubur yaah jadi bisa dipersiapkan dari jauh-jauh hari untuk budget melahirkan yang sekarang ini weeww harganya :)

About these ads

23 thoughts on “Review biaya persalinan

  1. iyeee senang..akhirnya ada yg rencana WB jg di mitra cibubur *cari2 review blm ada yg ngeripiuw* dirimu sbntar lg ya mom, aku doakan smg semuanya lancar..mudah..ibu bayi sehat dan selamat. klo di mitra cibubur, obgyn WB hanya dr novi saja kah mom? atau bs obgyn yg lain?

    • Makasi yaah, amin semoga lancar. Hanya ada 2obgyn di mitra satu dr.purbonoto dan dr.novi yang nangain wb hanya dr. novi. Udah kontrol ke mitra mba? dengan dr.siapa? bisa salah satunya dan tanyakan ttg wb. :-)

  2. blm mom..aku masi diphilippine, insyaallah awal bulan depan baru balik n langsung kontrol. baiklah sptnya sama dr novi saja. btw itu pake lahirannya cm 2 hari aja ya mom yg normal. biasanya rs yg lain kan bikin paket sampe 3 hari buat normal.

    • Iyah mba paketnya hanya untuk 2hari, sepertinya memang dipatok hanya dua hari dari pasien masuk kamar setelah observasi karena kalau tidak keluhan dua hari setelahnya bisa pulang. Semoga semoga sehat dan cocok dengan mitra keluarga di cibubur ya mba :-)

  3. Bu, sory nih sebelumnya. Istriku dah mau masuk bulan ke 7, biasanya kontrol di bidan. Tapi aq mau mulai kontrol di RS aja, kebetulan aq tinggal di dekt RS MiTra Cibubur. Cuma mau nanya, biaya kontrol di situ berapa ya kalw dokter + usg? Trus kalaw plus obat berapa? Lebih enak dgn dr.novi atau dokter yg satunya bu (cowok)? Please bu aq butuh info bgt…. Thx. 081287974286

    • Malam, terima kasih sudah mampir. Kontrol di RS. Mitra untuk administrasi+dokter Rp.105.000, dan untuk usg Rp. 95.000. Sama vitamin kalau sudah masuk trisemester 3/7bulan karena kontrol dua minggu sekali jadi dikasih vitamin untuk dua minggu dan itu relatif tergantung jenis vitaminnya, sekitar Rp. 80.000 s/d Rp. 150.000. Harga perkunjungan juga relatif yang udah pasti admin+dokter+usg kalau vitamin masih ada terkadang gak diresepin sama dokter. Dan untuk obgyn-nya tergantung kenyamanan istri dan bapak kalau saya prefer dokter perempuan karena risih kalau laki-laki. Semoga bermanfaat yaa :-D

  4. Mom,dokter n bidan di mitra cibubur pro IMD ga?klo rawat inap di mitra baby bisa rooming in sm kita ga?trus suami bisa ikut temenin druang rawat?

    • Malam mba lia thx udah mampir. Waktu aku melahirkan waterbirth kemarin alhamdulillah aku bisa IMD meski tidak lama hanya setengah jam dan terkesan pihak rumah sakit terburu-buru karena memang incase untuk imd dilihat kondisi bayi. Alhamidulillah bayiku tidak apa², normal dan bisa dilakukan imd untuk persalinan waterbirth Aku juga rooming in dgn bayi dikamar hanya diambil saat dimandikan dan saat kunjungan dokter, klo melahirkan normal tanpa komplikasi observasi bayi dilakukan 4jam setelah itu bayi diantar kekamar. Untuk suami bisa diruang rawat karena aku mengambil kelas Vip jadi suami mendampingi terus rasanya kalau suami untuk semua kelas di perbolehkan menemani tapi untuk jelasnya mba lia bisa datang dan bertanya langsung ke pihak RS. :)

      • Selamat ya mom atas klahiran baby nya ;-)
        Wah,infonya sangat brmanfaat jd tenang mau melahirkan di mitra cibubur.aku memang sdh kontrol dgn dr.novi sejak 2 bln trakhir,sblmnya dgn dr. Suci dari rs permata tapi krna trnyta untuk mlahirkan di rs permata biaya utk melahirkan tidak di cover perusahaan jd aku beralih ke mitra.sempat khawatir krna teman melahirkan di mitra depok tp baby tidak rooming in dan tidak bs ditemani suami,alhmldh trnyta di mitra cibubur tidak seperti itu.kmrn saya sempat mncoba ke hermina bekasi,tp krng nyaman krna situasi rs yg ramai dan sistem nya yg kurang teratur tdk seperti di mitra cibubur.
        Terima kasih info nya ya mom ;-) utk lbh jelasnya nnti aku tanya kebagian informasi.

  5. Siang, salam kenal………. :)
    Mom, kalau di mitra cibubur ada inseminasi tdk?????? n kira2 biaya total berapa yach?????? terima kasih

    • Salam kenal juga mba yunita, waduh maaf kalau inseminasi saya kurang tau mungkin bisa di tanyakan langsung kepihak rs. Terima kasih sudah mampir :-D

  6. Salam kenal ya, bunda… Selamat atas kelahiran putranya. Alhamdulillah, kebetulan sy sdg cr2 info WB dan by melahirkan di skitar cibubur. Selama ini sy kontrol kehamilan di permata cbbr (anak ke-2, usia kehamilan 18mgg). Belakangan ini suami brminat utk WB. Klo d permata cbbr setau sy g ada WB y. Info bunda ttg estimasi by WB d mitra cbbr sangat brmanfaat buat kami, apalagi dokter yg menangani jg wanita. Tfs.

  7. Salam kenal mom, mo tanya2 dikit.., info mba yg ttg tarif paket2nya itu, diluar perlengkapan baby kan ya, nah biasanya prlgkapan apa aja yg diksh dr rmh sakitnya, apa bisankita siapkan sndiri, saya jg rncana melahirkan di mitra cibubur, tp brhubung 4bulan ini ikut suami yg tugas di bali, jadi saya baru sekali aja pernah konsul ke dktr novi, minggu depan saya rncana sudah balik ke jkt, trus ada info ttg suntik ILA ga mba?soalnya kayanya byk yg pake itu skrg buat nahan rasa sakit, thx sblmnya mba..

    • Hi mba meta salam kenal juga, terima kasih sudah mampir. Harga paket persalinan sudah termasuk perlengkapan bayi seperti baju, diapers, bedong dan selimut mungkin mba bisa bawa tambahan topi bayi dan untuk lebih jelasnya bisa lihat di posting saya “38 weeks” dan untuk persalinan ILA bisa dilihat juga di posting saya tentang “Teori persalinan tanpa rasa sakit”. Terima kasih :-)

  8. Salam kenal mba….infonya sangat bermanfaat sekali,boleh minta info sedikit mba….gimana menurut mba ttng dr novi?ttng penanganan dan ketepatan prediksi,tindakanya cepet ga mba?kl untuk caesar gmn pengalaman dokter novi?bagus gak yah?trs ada beda penanganan gak kl kita ambil kamar kelas I/II/VIP?mungkin obatnya beda,penanfananya di bedain,ato mn ya mba?trmksh

  9. sore mbak,salam kenal…saya liza di tanjung enim SumSel. saya ada rencana melahirkan anak kedua saya ditempat orangtua saya di Cibarusah Bekasi,tp saya dan suami mau di RS.Hermina krn rumah sakit itu yg rekanan lgs dgn perusahaan tempat suami saya bekerja, kira2 RS.Hermina yg terdekat dg tempat orangtua saya di Cibarusah ,Hermina yg mana ya mbak?klo dr cibucil….apa Hermina Grand Wisata ya mbak? mohon info ya mbak….mksh bykkkkkk

    • Selamat pagi mba fifi, mohon maaf klo RS. Thamrin Cileungsi saya kurang tau informasinya, mungkin mba fifi bisa dateng langsung ke RS-nya. Terima kasih sudah berkunjung. :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s